12 Keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp

0
134
12 Keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp

Sehubungan dengan adanya regulasi penetapan telegram menjadi instant messaging resmi yang digunakan oleh lembaga tempat kerja maka kadang beberapa rekan menanyakan perbedaan atau keuanggulan telegram deibandingkan dengan WhatsApp yang selama ini dipake secara umum.

Berikut kami kumpulkan beberapa keuanggulan telegram dibandingkan dengan pesaingnya:

Berikut beberapa keunggulan Telegram

#1. Open Source

Menurut kominfo Sumber terbuka (open source) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet). Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.

Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

Makanya tidak heran di luar sana banyak bermunculan aplikasi-aplikasi messenger yang dibangun dengan source code Telegram seperti Plus Messenger, Mobogram, Supergram, Bettergram dan masih banyak yang lainnya yang memanfaat kode sumber dari telegram.

#2. Cloud-Based Message

Kelebihan dari Cloud-Based Message adalah :

  1. Bisa dibuka sekaligus secara bersamaan di beberapa perangkat, baik di smartphone, versi web maupun di desktop tapa ketergantungan dengan smartphone. Hal ini sangat berbeda dengan whatsapp dimana whatsapp hanya bisa dibuka versi web ketika di smartphone dalam keadaan aktiv dan tidak berfungsi ketika smartphone dimatikan.
  2. Data secara default tersimpan di server cloud bukan di hp kita, sehingga ketika hp kita hilang ataupun terformat maka data telegram kita masih aman sentausa.
  3. Performa lebih mantap, dengan sifat penyimpanan yang berada di cloud maka dari sisi kecepatan sangat berbeda dengan instant messanging yang mempersyaratkan proses download.

#3. Group lebih banyak menampung member

Sebagaimana kita ketahui Group WhatsApp hanya menampung maksimal 256, sementara grup Telegram bisa menampung anggota grup hingga 20.000 orang. Amazing

Telegram member

#4. Privasi

Secara default member sebuah group di whatsapp secara otomatis mengetahui no hp dari member lainnya hal ini sangat berbeda dengan group di telegram, di telegram sangat memungkinkan kita bisa mengirimkan pesan tanpa harus mempublikasi no hp.

Telegram
Telegram

#5. Bot

Fitur ini merupakan fitur yang menjadi alasan utama penetapan migrasi lembaga tempat kerja dari whatsapp ke telegram.

Bot merupakan robot yang dapat difungsikan menjadi asisten yang bekerja secara otomatis. Telegram menyediakan API dan protokol yang terbuka bagi siapa saja yang ingin mengembangkannya.

Fitur bot ini banyak dimanfaatkan oleh para developer untuk mengintegrasikan system mereka untuk berkomunikasi dengan pengguna system.

Bot bisa difungsikan sebagai pengirim reporting dari sebuah sistem, form register,

collect data di group dll.

Bot juga bisa berfungsi untuk outo posting sebuah channel youtube, web seperti web kita ini di outoposting menggunakan bot @thepowerofberbagibot

Telegram

#6. Channel

Channel sebenarnya mirip dengan group hanya saja sifat komunikasinya yang hanya satu arah yang membedakan ia dengan group, kita tidak bisa mengirimkan pesan atau ikut berkomentar layaknya sebuah group.

Didalam channel telegram yang berhak memposting hanyalah admin pemilik channel, jadi lebih banyak bersifat informatif tanpa adanya diskusi.

Contoh channel telegram yang pernah kami buat adalah Channel kajian Islamy dan Murathal Al Quran Multi Qori

Telegram
Telegram

#7. SuperGroup

Kelebihan supergroup dibandingkan dengan group biasa :

  • Moderasi: kita dapat menentukan otoritas seorang member grup menjadi moderator atau administrator yang bisa menghapus pesan, pinned pesan, memblokir anggota grup dan lain-lain.
  • Memberikan informasi melalui pinned message. Pinned message adalah menyematkan pesan dibawah halaman informasi group atau diatas halaman diskusi. Biasa banyak digunakan untuk memberitahukan tentang peraturan grup, info terbaru, ataupun kulgram (kuliah Telegram)
Telegram
  • Antiflood, anti-spam, anti-sticker, dan lain-lain, dulu fitur ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan bot. Namun sekarang sudah tersedia untuk admin group diantaranya dapat melakukan restricted terhadap anggota, membatasi hak anggota, tidak boleh mengirim pesan apapun, sticker, dan lain-lain.
Telegram

#9. Sticker

Fitur ini juga tak kalah menarik, sticker di telegram sangat berfariatif yang rata rata dikembangkan oleh komunitas, dan yang lebih menarik lagi adalah bahwa sticker di telegram free, ini yang membedakan dengan instan messanging lain yang kadang gratis tapi juga kadang berbayar.

Saat ini whatsapp juga sudah mulai meniru telegram membuat fitur sticker hanya saja di whatsapp masih sangat sedikit koleksinya

#10. Unlimited Storage/ Powerful

Ini salah satu fitur spektakuler dari telegram dimana kadang saya gunakan telegram sebagai fungsi backup file – file penting, apalagi sifat uploadnya yang gampang (terutama versi desktop) tinggal drag and drop kita dengan mudah menyimpan file kita di telegram.

Sampai saat ini tidak ada aturan yang menyebutkan mengenai batasan storage untuk penyimpanan file dan media, selain itu Telegram mendukung pengiriman file dengan ukuran besar yaitu maksimum 1,5 GB untuk satu file.

#11. Support Upload Multi Extension

Satu hal yang menjengkelkan di Whatsapp adalah ketika kita ingin mengirimkan sebuah file ke rekanan kita tapi terkendala dengan jenis file atau extension yang sangat dibatasi, sejauh ini yang hanya bisa dikirim adalah file dengan jenis multimedia, doc.

Telegram membuat terobosan baru dengan menizinkan berbagi jenis file yang bisa kita upload atau kirim bahkan sampai file extension .exe pun bisa.

#12. Secure

Telegram keeps your messages safe from hacker attacks, demikian sesumbar dari telegram, bahkan klo kita masih ga yakin aman telegram menyediakan fitur

Destruct your messages with a timer.

Pesan yang ingin dikirimkan dapat dihapus dalam Telegram. Sebelum dikirim, kita dapat mengeset time pada pesan yang dikirimkan agar saat waktu yang ditentukan habis, maka pesan yang telah dikirimkan akan hilang dan terkirim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here